"Sangat
menyakitkan hidup bersama bangsa kolonialis,
tetapi saya bersyukur dapat bersekolah dan mendapatkan
pendidikan dari kolonialis, saya semakin mengerti bahwa kaumku sedang ditindas oleh kolonialis-imperialis, sehingga saya semakin mengerti untuk melawan kaum kolonialis.
tetapi saya bersyukur dapat bersekolah dan mendapatkan
pendidikan dari kolonialis, saya semakin mengerti bahwa kaumku sedang ditindas oleh kolonialis-imperialis, sehingga saya semakin mengerti untuk melawan kaum kolonialis.
Perjuangan menentang kolonial secara terorganisir telah
digerakan oleh kelompok terpelajar. Mengapa? Sejarah mencatat, kesadaran selalu lahir melalui dan sebagai proses pendidikan (Latin: e-ducare Melalui pendidikan orang
menjadi kritis memahami persoalan dan sadar akan ketidakadilan, kekerasan
langsung maupun tidak langsungyang dilakukan oleh kaum kolonialis imperialis.
Untuk
membunuh kesadaran nasionalisme di kalangan penduduk asli (terjajah), mereka
(penduduk pribumi) diberi pendidikan yang memang tidak layak (kurikulum yang isinya muatan politis hegemoni
penjajaha/penguasa). Hal itu dimaksudkan supaya penduduk pribumi
tidak cerdas, kritis dan supaya lebih tunduk pada penjajah, pekerja sebagai
kuli penjajah mengisi birorasi dan perusahan-perusahan kolonial-imperialis.
Kebijakan pendidikan Belanda maupun Indonesia dipraktekan secara
murni dan konsekuen agar univikasi dan asimilasi dapat terjadi bagi orang
Papua.
Kalau kita boleh jadikan Belanda di Indonesia sebagai pelajaran, maka di situ tampak bahwa nasionalisme Indonesia (Jawa) pada masa politik etis
telah diawali kelompok terdidik. Saat itu, walaupun praktek politik etik atau
kesejateraan dengan bersemboyan demi penyatuan Indonesia-Belanda (univikasi)
dan pembauran orang Indonesia-Belanda menjadi warga negara Belanda (asimilasi)[[iv]].
Seorang Sejarawan Indonesia Moedjanto, (2003: 35) menuliskan
mengenai politik etik bahw"Konseptor politik 'etika' yang terkemuka, Snouck
Hurgronje menghendaki agar univikasi dan asimilasi dipraktekkan secara murni
dan konsekuen. Mereka yakin, dengan politik semacam itu Indonesia akan terikat
dalam kesatuan kerajaan Belanda secara wajar."[[v]].
Bagaimana dengan pendidikan kolonial-imperialis di Papua Barat?
Tentu saja sekolah dikelola untuk kepentingan penjajah. Namun, rakyat Papua Barat semakin menyadari dirinya sendiri sebagai
bangsa yang sedang terjajah sejak adanya kekuasaan asing di Papua Barat. Bahwa rakyat Papua Barat memiliki identitas berbeda dengan bangsa lain. Di samping itu,
penyandaran diri pada identitas pribadi yang adalah dasar perjuangan dan
menyadari bentuk praktek neo-kolonialisme Indonesia.
Dengan begitu, "Kesadaran merupakan basis untuk
mentransformasikan realitas," kata Paulo Freire, seorang profesor Brasilia
dalam ilmu pendidikan. Semangat juang
menjadi kuat sebagai akibat dari kesadaran itu sendiri. Pendidikan Belanda di
Hindia Belanda dan Papua serta pendidikan Indonesia di Papua telah melahirkan
kesadaran nasional Papua Barat.
Pendidikan Kolonial Belanda
Belanda ketika menjajah Papua Barat, ia tidak banyak berperan membangun pendidikan. Pendidikan lebih banyak dikerjakan Misi Katolik dan Zending. Misi Katolik dan Zending melakukan pelayanan untuk kristenisasi melalu karya-karya sosial gereja. Pendidikan modern pun dikenalkan oleh kedua lembaga gereja di ini.
Pendidikan Kolonial Belanda
Belanda ketika menjajah Papua Barat, ia tidak banyak berperan membangun pendidikan. Pendidikan lebih banyak dikerjakan Misi Katolik dan Zending. Misi Katolik dan Zending melakukan pelayanan untuk kristenisasi melalu karya-karya sosial gereja. Pendidikan modern pun dikenalkan oleh kedua lembaga gereja di ini.
Pendidikan modern ala pemerintah Belanda mulai
dibangun di Papua Barat sejak tahun 1940-an. Sekitar tahun 1942, waktu itu Jepang
menguasai seantero Asia (cita-cita Asia Raya) termasuk menduduki Indonesia.
Papua Barat sebagai daerah yang dekat dengan kepulauan Pasifik menjadi daerah
stategis Jepang untuk melawan Sekutu.
Sebagai bagian dari sekutu, tugas Belanda adalah menghalau
Jepang. Ketika itu, Belanda di Papua Barat kekurangan personil untuk menghadapi
Jepang dan juga termasuk untuk menangani berbagai bidang pemerintahan dan
pembangunan.
Untuk kepentingan dan kebutuhan itu, tahun 1944, Residen J.P. van Eechoud yang waktu itu
terkenal dengan julukan 'vader der Papoea,s' (Bapak orang Papua) mendirikan
beberapa sekolah di Hollandia (Jayapura). Selain sekolah Pamong Praja di
Hollandia ada juga sekolah pelayaran di Hamadi, sekolah tehnik di Kotaraja
Jayapura dan Abepura, sekolah Pamongpraja di Yoka. Sekolah polisi di Base G, sekolah
pertanian di Manokwari.
Walaupun sekolah-sekolah ini dibangun untuk kepentingan Belanda,
namun Belanda berupaya melakukan Papuanisasi [[vi]]
(menananmkan nasionalisme Papua). Dalam bulan Januari 1946, Pemerintah Belanda
telah mendirikan sekolah Pamong Praja di Kota Nicca (Kampung Harapan,
sekarang). Jumblah siswa yang dididik adalah 400 orang antara tahun 1944-1949.
Terlepas dari tujuan eksploitasi Papua, sekolah-sekolah itu telah
melahirkan elit-elit politik terdidik di Papua [[vii]]
yang menentang penjajah, menggantikan posisi dalam pemerintahan yang dipegang
oleh orang Belanda. Mereka siap mengisi jabatan-jabatan dan lowongan pekerjaan
di Papua [[viii]].
Pada saat itu, Pemerintah Belanda mengirimkan sejumlah mahasiswa
keluar negeri; antara lain ke negara Belanda, Australia, dan negara-negara di
Pasifik. Mereka dikirim dengan tujuan untuk memperoleh pendidikan tinggi dan
kembali untuk memimpin bangsanya. Salah satu mahasiswa yang dikirim keluar
negeri (Negara Belanda) dalam rangka Papuanisasi itu ialah Frits Kirihio.[[ix]]
Pemerintah Belanda memiliki sumbangan terhadap lahirnya nasionalisme Papua
Barat terutama pada masa Residen J.P. van Eechoud. Ketika itu, ada radikalisasi Indonesia, maka
setiap orang yang pro-Indonesia ditahan atau dipenjarahkan dan dibuang keluar
Papua [[x]]. Tokoh-tokoh nasionalis Papua Barat saat itu
antara lain (yang duduk dalam Dewan New Guinea Read), seperti Nicolas Jouwe, P.
Torey, Markus Kaisepo, Nicolas Tanggahma, Eliezer Jan Bonai dan ada yang belum
disebut di sini.
Mereka adalah kelompok nasionalis terpelajar Papua[[xi]]
yang turut memperjuangkan kemerdekaan Papua Barat lepas dari cengkraman kolonial.
Selain itu, beberapa tokoh nasionalis Papua Barat yang
telah mendapat pendidikan Eechoud dan menjadi terkemuka dalam aktivitas politik
antara lain: Marcus dan Frans Kaisepo, Nicolaus Joue, Herman Wajoi, Silas
Papare, Albert Karubuy, Mozes Rumah inum, Baldus Mofu, Elieser Jan Bonay, Lukas
Rumkorem, Marten Indey, Johan Ariks, Heman Womsiwor dan Abdullah Arfan [[xii]].
Melalui perantara mereka, rakyat Papua Barat menyampaikan
berbagai pernyataan sikap politik untuk menolak menjadi bagian dari Indonesia. Frans
Kaisepo (alm.), bekas gubernur Irian Barat, pada konferensi Malino 1946 di
Sulawesi Selatan, menyatakan dengan jelas bahwa rakyatnya tidak ingin
dihubungkan dengan sebuah negara RI (Plunder in Paradise oleh Anti-Slavery
Society).
Johan Ariks (alm.), tokoh populer rakyat Papua Barat pada tahun
1960-an menyampaikan secara tegas perlawanannya terhadap masuknya Indonesia ke
dalam Papua Barat (Plunder in Paradise oleh Anti-Slavery Society).
Tidak hanya itu, Angganita Menufandu (alm.) dan Stefanus Simopiaref
(alm.) dari Gerakan Koreri; Raja Ati
(alm.) dari Fakfak; L.R. Jakadewa (alm.) dari DVP-Demokratische Volkspartij;
Lodewijk Mandatjan (alm.) dan Obeth Manupapami (alm.) dari PONG-Persatuan Orang
Nieuw-Guinea; Barend Mandatjan (alm.) dan Ferry Awom (alm.) dari Batalyon Papua;
Permenas Awom (alm); Jufuway (alm);
Arnold Ap (alm); Eliezer Bonay (alm.); Adolf Menase Suwae (alm.); Dr. Thomas
Wainggai (alm.); Nicolaus Jouwe; Markus Wonggor Kaisiepo dan lain-lainnya
dengan cara masing-masing, pada saat yang berbeda dan kadang-kadang di tempat
yang berbeda memprotes adanya penjajahan asing di Papua.
Pendidikan Kolonial Indonesia
Pendidikan sekolah banyak dibuka oleh Indonesia, namun pencerdasan rakyat tidak terjadi selama tahun 1963 -1988. Sekolah yang dibangun pemerintah Indonesia di Papua Barat sebagai tempat melalukan Indonesianisasi agar asimilasi dan akulturasi demi memperkuat integrasi dapat terjadi. Sementara saat itu kondisi Indonesia ribuan rakyatnya belum cerdas.
Pendidikan sekolah banyak dibuka oleh Indonesia, namun pencerdasan rakyat tidak terjadi selama tahun 1963 -1988. Sekolah yang dibangun pemerintah Indonesia di Papua Barat sebagai tempat melalukan Indonesianisasi agar asimilasi dan akulturasi demi memperkuat integrasi dapat terjadi. Sementara saat itu kondisi Indonesia ribuan rakyatnya belum cerdas.
Di Papua Barat lembaga pendidikan sekolah pemerintah Indonesia
(Inpres), bukan tempat menkecerdasan melainkan mencuci otak orang Papua Barat. Ia berperan sebagai lembaga untuk menyosialisasikan ideologi dan kebijakan penguasa.
Muatan kurikulum mengarahkan kepada apa yang ingin dipasarkan
oleh pihak penguasa,[[xiii]]
menjelaskan, "Kita melihat
Universitas Cendrawasih yang didirikan oleh pemerintah RI pada tahun 1963 untuk
mewujudkan agenda meng-Indonesia-kan Papua.
Pejabat UNTEA di Papua, Rolls Bennet dan seorang pejabat lainnya yang diberi wewenang
membidangi pendidikan kawatir jangan-jangan pemerintah Indonesia
memakai Universitas Cenderawasih untuk menghapus aspirasi Papua Barat
merdeka."[[xiv]]
Dengan begitu jelas
bahwa, sekolah di Papua tidak melakukan proses pencerdasan. Isi kurikulum dan
corak pendidikan dasar disamakan dengan provinsi lain, terutama di Jawa. Hal seperti ini
sebagai bentuk hegemoni penjajah. Pendidikan Indonesia di Papua Barat didesain untuk memperkuat
integrasi. Pendidikan dasar dan tinggi yang dikelola untuk mengisi lowongan
kerjaan dalam pemerintahan telah menjadi tujuan utama [[xv]].
Ross Garnaut dan Chris Manning menulis bahwa Pendidikan di Papua
Barat telah berkembang dengan pesat di bawah pemerintahan Indonesia [[xvi]]. Kedua intelektual itu menggunakan data-data
tertulis yang ada di Jakarta. Mereka melaporkan bahwa di sekolah-sekolah dasar pada tahun 1972
terdaftar 123. 700 murid, dua kali lebih banyak (kuantitas) dari pada tahun
1961.
Padahal secara kualitas, misi Katolik
dan Zending (protestan) memiliki lembaga pendidikan yang lebih baik dibanding pemerintah
Indonesia di Papua Barat. Ini terbukti, meskipun banyak sekolah telah dibangun
pemerintah Jakarta, namun sekolah-sekolah yang dikelola
misi lebih mononjol.
Ross Garnaut dan Chris Manning menulis, "Walaupun sekolah dasar negeri tumbuh dengan cepat, dalam tahun
1970, 85% murid-murud masih terdaftar di sekolah-sekolah misi. Angka ini
dibandingkan dengan provinsi-provinsi lainnya di mana kebanyakan murid sekolah
dasar terdaftar di sekolah-sekolah negeri"[[xvii]].
Ketertarikan masyarakat terhadap sekolah-sekolah misi terkait
erat dengan pendekatan misi yang disesuaikan dengan budaya masyarakat setempat. Dengan begitu
sangat dipercayai masyarakat dibandingkan sekolah Pemerintah Indonesia. Lagi
pula, Misi telah lama dan sudah mempengaruhi pembangun peradaban masyarakat
Papua Barat. Mutu dan kualitasnya lebih baik daripada pendidikan yang dikelola
pemerintah Indonesia yang mutu dan kualitas tertinggal.
Tidak seperti pendidikan di daerah kota, seperti Jawa dan
sebagainya. Diskriminasii seperti itu nampak dalam pelaksanaan pendidikan di
Indonesia. "Walaupun jumblah murud sekolah dasar di daerah pedalaman di
kabupaten Jayawijaya bertambah delapan kali lipat di antanra tahun 1961 dan
tahun 1969, jumblah murid Jayawijaya hanya sepertiga angka rata-rata provinsi pada tahun-tahun belakangan ini. Dalam tahun
1969, 6.400 dari 6.600 murid yang terdaftar di sekolah-sekolah di Jayawijaya,
adalah murid sekolah dasar"[[xviii]].
Sekolah Inpres yang dibangun pemerintah tidak dilengkapi guru
maupun fasilitas belajar. Sekolah-sekolah dibiarkan begitu saja sampai ditumbuhi ilalang karena
tidak ada guru, selain guru didikan Misi. Guru-guru pendatang bertumpuk di
kota-kota melalui sogokan kepada kepala dinas dan kepala departemen setempat [[xix]]. Bagi
mereka, pendidikan yang sekarang diperoleh di sekolah dasar tidak bermanfaat [[xx]]
karena tidak mencerdaskan.
Sementara, Universitas Cenderawasih didirikan dalam tahun 1963,
sebelum secara sah Indonesia berintegrasi dengan Papua. Setelah Pepera 1969 sudah lebih dari lima puluh persen mahasiswa telah masuk Fakultas Hukum dan
sebagian kecil belajar di Fakultas Pertanian atau Fakultas teknik pada tahun 1970. Universitas ini
menghadapai banyak masalah seperti Universitas lainnya di Indonesia (terutama
di daerah). Mutu pendidikan tidaklah tinggi, kurang dana, buku-buku, perlengkapan
dan fasilitas-fasilitas lain [[xxi]].
Pendidikan formal Indonesia belum diintegrasikan dengan cara
hidup masyarakat di desa-desa. Pendidikan sekolah menengah, kejuruan, dan pendidikan tinggi, serta usaha-usaha
berbagai departemen dan organisasi-organisasi lainnya yang bertujuan
mempersiapkan tenaga terampil yang berguna
dalam perekonomian modern kurang terkoordinatif.
Dengan begitu jelas bahwa usaha pemerintah untuk meningkatkan
kuantitas pendidikan di Papua Barat tidak diikuti dengan peningkatan kualitas.
Ini dapat dilihat misalnya dari kurangnya tenaga pendidikan, sehingga banyak
siswa yang hanya menempu sekolah dasar. Sekolah dikelola untuk kepentingan
menjalankan roda pemerintahan di Papua Barat, namun karena rata-rata mayoritas
masyarakat yang sekolah pada saat itu entah disengaja atau tidak hanya mencapai
sekolah dasar sehingga banyak dari mereka hanya sebagai pekerja kasar.
"RI yang banyak membuka sekolah di tanah
Papua, tetapi sebagai alat untuk mengindonesiakan orang Papua. Jadi tujuannya
itu Indonesianisasi. Lihat saja banyak orang Papua yang sedang mengangur
setelah tamat dari ratusan sekolah yang dibuka oleh Indonesia. Lembaga
pendidikannya melimpah tetapi Papuanisasi nol. Karena sasaran pendidikannya itu
ialah Indonesianisasi tadi.
Pada masa-masa, tahun 70-an hingga 80-an, anak-anak Papua, khususnya anak-anak
pegunungan tengah tidak bisa belajar dengan baik dan tenang karena
operasi-operasi militer mengancam kebebasan dan telah mengorbankan puluhan ribuan
orang Papua termasuk sisiwa yang belajar. Dalam kondisi seperti itu tentu lahir
gerakan perlawanan menolak Indonesia di Papua Barat.
Dari sisi lain, benih-benih nasionalisme Papua Barat merembet
dari para serdadu didikan Belanda kepada mahasiswa Universitas Cenderawasih.
Dengan begitu Uncen menjadi salah satu tempat lahirnya pejuang dan tokoh-tokoh
nasionalis orang Papua Barat seperti Jakop Pray dan juga seorang dosen muda
Uncen, Arnold Ap dan beberapa yang lain tidak
disebutkan semua di sini.
Di bawah pimpinan mereka berbagai aksi dilakukan untuk menentang
NKRI. Juga demonstrasi-demonstrasi yang sering dipicu oleh ulah para tentara
dan birokrat Indonesia, yang tanpa malu-malu mengangkut barang-barang mewah
peninggalan Belanda seperti kulkas dan mesin cuci listrik - ke tempat asal
mereka.
+ komentar + 2 komentar
Yang anda ucapkan tidak semuanya benar tapi sebagian ada Benernya,mungkin saja penguasa RI itu punya agenda untuk perutnya sendiri.. Tanpa peduli rakyat Papua sana tapi masyarakat Indonesia selain Papua pada umumnya inginkan Papua maju secara ekonomi pendidikan dll .Karena merasa satu saudara sebangsa walau berbeda ras suku atau bahkan agama.aksi pemberontakan karena merasa diperlakukantidak adil itu dirasa sebagian orang wajar sekalipun dia non Papua, tapi bukanlah dengan jalan Separatisme.. Karena sejarah mencatat bahwa Indonesia(Hindia Belanda) sudah merdeka sejak 1945,reColonial Belanda datang kembali aneksasi Illegal(tak ada Referendum multi partij, dan setting sejarah secara sepihak) ke tanah Papua setelah Jepang menyerah. Belanda tidak ikhlass sepenuhnya untuk mengakui kedaulatan Hindia Belanda alias Indonesia bersatu menjadi negara merdeka. Sehingga Belanda ingkari perjanjian KMB(dikatakan masalah Papua akan di selesaikan selambat2nya 1tahun tapi di ulur waktu) tetap mencengkram Papua sampai RI naik darah dan membangun kekuatan militer dan setelah merasa tidak mungkin mempertahankan Papua sebagai Jajahannya terakhir maka di buatkan bendera merah putih biru new version dll,... Indonesia dapat pengesahan dari PBB setelah Perpera 1969 meskipun dengan cara perwakilan tokoh2 masyarakat adat Papua(karena kondisi sosial ekonomi dan pendidikan yg kurang baik pada waktu itu jangankan di pedalaman Papua di jawapun bnyak yg buta huruf/bahkan saat inipun masih ada sistem noken untuk pemilu di sebagian pedalaman Papua)//.. untuk pendidikan Papua pada dasarnya adalah dulu orang Indonesia yang idealis menginginkan Papua maju dalam bidang itu. Tapi kenyataannya bisa berbeda kita sayangkan itu. Asimilasi memang salah satu tujuan, tapi bila pendapat menjajah Papua dengan sumber alamnya yang berlimpah itu juga sebuah kritik Pedas balado sekaligus hinaan bagi kami Indonesia non Papua, sebab bukan itu tujuan awalnya.. Papua itu anak kandung yang diperlakukan tidak adil selama ini..bahkan saya katakan begitu tega pemimpin RI membiarkan anak kandungnya diperkosa oleh orang asing??? Hasil Tambang di serahkan ke pihak asing(Soeharto beri lisensi dulu barter kekuasaannya yang dukungan dari Amerika) sedang bagi hasil sedikit sekali 900juta US Dollar sampai 1,2 miliar dolar/tahun ato kurang dari 20triliun rupiah atau kurang dari 1 % APBN INDONESIA yg 2016 sudah 2000triliyun rupiah, dan itupun harus di berikan kepada otonomi Papua. Ini bukan masalah untung rugi.. Harapan saya Pemerintah saat ini harus bisa beri lebih daripada apa yg didapat dari sumber Papua kepada saudara di ujung timur Indonesia itu. Meskipun rakyatnya masih banyak yg mengingkari keIndonesiaannya, meski sebagian diantara mereka berfikir Pragmatis..majukan Papua biar mereka bangga dengan Identitasnya menepuk dada menyatakan Saya orang Papua... Papua Indonesia" =itu terjadi manakala Papua sudah damai maju pendidikan ,dan maju ekonomi infrastruktur dll. ... Semoga ini tak hanya sekedar indahnya mimpi.
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut
Posting Komentar